Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65094
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuchtar, Imam-
dc.contributor.advisorZahroul F, Chumi-
dc.contributor.authorJannah, Ma’rifatul-
dc.date.accessioned2015-11-30T06:41:54Z-
dc.date.available2015-11-30T06:41:54Z-
dc.date.issued2015-11-30-
dc.identifier.nim110210204009-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65094-
dc.description.abstractSalah satu hal yang harus dimiliki oleh guru untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar dan mengembangkan kompetensi peserta didik. Dalam metode role playing, siswa dapat berperan dan berperilaku seperti orang lain sesuai dengan skenario yang telah disusun oleh guru. Selain menimbulkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran, bermain peran (role playing) juga dapat membuat siswa menghayati pelajaran yang diberikan sehingga siswa tidak hanya menghafal materi yang diberikan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Panti 01 Jember, dimulai tanggal 16 Maret sampai dengan19 Maret 2015, populasi penelitian adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB dengan jumlah siswa keseluruhan 51 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental tipe pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yang berupa tes tulis pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas IVA bertindak sebagai kelas kontrol yaitu kelas menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajarannya, sedangakan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan metode role playing. Sebelum dilaksanakan proses belajar x mengajar, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil nilai ujian akhir semester ganjil. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS 20 dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji t, dapat diperoleh hasil sebesar 1,053. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 2,010. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil (1,053 < 2,010) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen. Selanjutnya dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelum dilakukan proses pembelajaran dikelas eksperimen dan dikelas kontrol diberikan pre-test, kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing di kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Setelah dilaksanakan pembelajaran di berikan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelum tes dilakukan, terlebih dahulu dicari validitas dan reliabilitasnya untuk memenuhi syarat instrumen yang baik. Selanjutnya dilakukan uji t dengan menggunakan data hasil selisih nilai post-test dan pre-test. Uji t dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS 20 dengan taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan uji t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selisih nilai post-test dan pre-test siswa dengan menggunakan metode role playing mempunyai rata-rata nilai sebesar 42,12 sedangkan selisih nilai post-test dan pre-test siswa yang menggunakan metode konvensional mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yakni 30,38. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan metode role playing dibandingkan dengan nilai siswa yang menggunakan metode konvensional. Dari hasil uji statistik independent test diperoleh bahwa hasil > yaitu 3,919 > 2,010 dan diperoleh hasil ER sebesar 38,62% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas IVB yang diajar dengan menggunakan metode role playing lebih baik 38,62% dibandingkan dengan kelas IVA yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. xi Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015. Adapun saran dari peneliti bagi guru, diharapkan dapat menggunakan metode role playing sebagai salah satu metode pembelajaran yang tepat pada kurikulum 2013. Bagi peneliti, diharapkan dapat memberikan wawasan dan masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-citaku di SDN Panti 01 Jember Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ma’rifatul Jannah-110210204009.pdf4.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools