Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65092
Title: Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi pada Siswa Kelas III A SDN Patrang 01 Jember dengan Menggunakan Media Gambar
Authors: Satrijono, Hari
Sihono
Sari, Lita Wahyuning
Keywords: Menulis Puisi
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Menulis adalah suatu kegiatan yang aktif dan produktif serta memerlukan cara berpikir yang teratur yang diungkapkan dalam bahasa tulis. Salah satu jenis keterampilan menulis yang diajarkan pada siswa SD yaitu menulis puisi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan pada siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember dapat diuraikan bahwa hasil belajar keterampilan menulis puisi pada siswa masih tergolong kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan data dokumentasi hasil ulangan harian siswa dengan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya 27,8%. Pada saat menulis puisi, siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide yang dimiliki. Minimnya pengembangan kosa kata yang dimiliki oleh siswa menyebabkan pemilihan kata yang digunakan siswa dalam menulis puisi terkadang tidak tepat. Berdasarkan temuan-temuan masalah di atas, diperlukan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan suatu media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan juga sesuai dengan tingkat perkembangan psikologi siswa agar pembelajaran menjadi lebih optimal. Media pembelajaran yang relevan dan sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah media gambar. Melalui media gambar dapat merangsang siswa untuk menuangkan idenya sesuai dengan isi gambar ke dalam sebuah puisi. Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember dalam keterampilan menulis puisi; dan (1) ix Bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III A di SDN Patrang 01 Jember setelah diterapkan penggunaan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember dalam keterampilan menulis puisi (2) Untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III A di SDN Patrang 01 Jember setelah diterapkannya penggunaan media gambar. Penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mula-mula guru menunjukkan media gambar kepada siswa; (2) siswa diinstruksikan untuk memperhatikan dan memahami maksud dari gambar tersebut dengan cara mengidentifikasi benda-benda yang terdapat pada gambar; (3) guru mengajak siswa menyusun kata-kata tersebut menjadi baris-baris puisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK model Hopkins dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkan media gambar diketahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus 27,8% menjadi 69,4% pada siklus 1 dan 88,9 % pada siklus 2. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa siswa kelas III A SDN Patrang 01 Jember. Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu hendaknya dapat menggunakan gambar sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dan memotivasi siswa untuk menulis puisi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65092
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lita Wahyuning Sari-110210204014.pdf6.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools