Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65090
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNuriman-
dc.contributor.advisorAgustiningsih-
dc.contributor.authorOktavia, Lina Puspa-
dc.date.accessioned2015-11-30T06:32:59Z-
dc.date.available2015-11-30T06:32:59Z-
dc.date.issued2015-11-30-
dc.identifier.nim110210204003-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65090-
dc.description.abstractSalah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran akan memberikan pembelajaran yang bermakna bagi Siswa. Macromedia flash menyediakan fasilitas untuk menampung pokokpokok pembicaraan yang akan disampaikan pada peserta didik. Dengan fasilitas animasi, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas : front picture, sound dan effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang menarik. Macromedia flash diharapkan dapat memberikan hasil pembelajaran yang maksimal kepada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SD Al Baitul Amien Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 1.22 kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan 𝑑𝑏 = 56 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan 𝑑𝑏 = 56 memiliki harga 1.85. Hasil tersebut membuktikan bahwa ix < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 4.433 harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 56 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1.85. Diperoleh > (4.433 > 1.85), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajarn 2014/2015 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajarn 2014/2015 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar pokok bahasan sistem pencernaan dan pernapasan siswa kelas V SD Al Baitul Amien tahun pelajarn 2014/2015. Macromedia flash ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang tepat pada pembelajaran IPA dan dapat digunakan oleh guru-guru sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pendidikan dan materi pelajaran guna meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik, serta dapat memberikan wawasan, masukan dan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMacromedia Flashen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Siswa Kelas V SD Al Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lina Puspa Oktavia-110210204003.pdf6.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools