Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65078
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSatriyono, Hari-
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorKurniasari, Ika-
dc.date.accessioned2015-11-30T04:44:50Z-
dc.date.available2015-11-30T04:44:50Z-
dc.date.issued2015-11-30-
dc.identifier.nim080210204006-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65078-
dc.description.abstractKenyataan menunjukkan bahwa kemampuan menyusun paragraf siswa kelas III SD Kartika IX-1 Jember rendah. Siswa kesulitan pada saat menentukan kalimat pertama dalam paragraf yang akan disusunnya. Kesulitan lainnya yang dialami siswa dikarenakan siswa lebih banyak menggunakan Bahasa Ibu (Bahasa Madura) dari pada Bahasa Indonesia sehingga diksi dan kosakata yang dimiliki terbatas. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa karikatur berseri. Media karikatur berseri digunakan dalam penilitian ini dikarenakan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pemilihan tokoh Upin-Ipin dikarenakan dalam kesehariannya siswa selalu menonton tokoh ini sehingga alur ceritanya terekam di otak dan mempermudah siswa dalam menyusun paragraf. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014? dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 setelah diterapkan media karikatur berseri? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 setelah diterapkan media karikatur berseri. xii Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Kartika IX-1 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas III tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 28 orang. Desain penelitian menggunakan skema penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Proses penggunaan media karikatur berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III SD Kartika IX-1 dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Media karikatur berseri digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan menyusun paragraf pada siklus 1. Oleh karena itu, guru perlu melanjutkan pada siklus 2 sebagai usaha perbaikan kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran siklus 1. Pembelajaran menyusun paragraf menggunakan media karikatur berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Kartika IX-1 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di tiap siklusnya. Peningkatan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember setelah diterapkan media karikatur berseri menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada pembelajaran prasiklus diketahui bahwa 10 siswa (35,7%) tidak tuntas dan 18 siswa (64,3%) tuntas. Pada pembelajaran siklus I, 19 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 70,4%. Pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 85,2%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karikatur berseri dapat meningkatkan kemampuan menyusun paragraf narasi siswa kelas III SD Kartika IX-1 Jember. Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menerapkan media karikatur berseri pada pokok bahasan lain agar siswa lebih mudah dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya serta dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya pada umumnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectParagraf Narasien_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi dengan Menggunakan Media Karikatur Berseri pada Siswa Kelas III SD Kartika IX-1 Jember Tahun Pelajaran 2013-2014en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ika Kurniasari - 080210204006.pdf3.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools