Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65061
Title: PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER
Authors: Muchtar, Imam
Fitriyah, Chumi Zahroul
ERNAWATI
Keywords: Pendekatan Saintifik
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media audio visual diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember mulai tanggal 10 April โ€“ 22 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang terdiri dari kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian. Sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk x mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh hasil kelas VA dan VB ๐‘ก0 sebesar -994, kelas VA dan VC ๐‘ก0 sebesar -827, sedangkan kelas VB dan VC ๐‘ก0 sebesar 0,109. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas VA dan VB ๐‘ก0 < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (-0,994 < 2,00172), kelas VA dan VC ๐‘ก0 < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (-827 < 2,00247), sedangkan kelas VB dan VC ๐‘ก0 < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (0,109 < 2,00247) sehingga keadaan ketiga kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VC). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 4,588, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ dengan db = 57 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,00172. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 4,588 > 2,00172, dengan demikian hipotesis nihil (๐ป0) ditolak dan hipotesis alternatif (๐ป๐‘Ž) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Pendekatan saintifik berbantu media audio visual ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65061
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210204015_ERNAWATI_may.pdf3.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools