Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65061
Title: | PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN AJUNG 03 JEMBER |
Authors: | Muchtar, Imam Fitriyah, Chumi Zahroul ERNAWATI |
Keywords: | Pendekatan Saintifik |
Issue Date: | 30-Nov-2015 |
Abstract: | Proses pembelajaran perlu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat aktif membangun suatu konsep, prinsip melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimiliki pendekatan saintifik meliputi mengamati merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media audio visual diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember mulai tanggal 10 April โ 22 April 2015. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang terdiri dari kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian. Sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk x mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh hasil kelas VA dan VB ๐ก0 sebesar -994, kelas VA dan VC ๐ก0 sebesar -827, sedangkan kelas VB dan VC ๐ก0 sebesar 0,109. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas VA dan VB ๐ก0 < ๐ก๐ก๐๐๐๐ (-0,994 < 2,00172), kelas VA dan VC ๐ก0 < ๐ก๐ก๐๐๐๐ (-827 < 2,00247), sedangkan kelas VB dan VC ๐ก0 < ๐ก๐ก๐๐๐๐ (0,109 < 2,00247) sehingga keadaan ketiga kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Selanjutnya dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VC). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 4,588, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan ๐ก๐ก๐๐๐๐ dengan db = 57 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 2,00172. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐ yaitu 4,588 > 2,00172, dengan demikian hipotesis nihil (๐ป0) ditolak dan hipotesis alternatif (๐ป๐) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Pendekatan saintifik berbantu media audio visual ini diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru dan bagi peneliti lain untuk meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat mengembangkannya dalam penelitian selanjutnya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65061 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
110210204015_ERNAWATI_may.pdf | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools