Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6503
Title: PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI OBYEK WISATA KAWASAN PANTAI SELATAN OLEH KANTOR PARIWISATA KABUPATEN JEMBER
Authors: Agus Budi Cahyono
Keywords: OBYEK WISATA, PANTAI SELATAN KABUPATEN JEMBER
Issue Date: 9-Dec-2013
Series/Report no.: 100903102016;
Abstract: Fokus perencanaan dan pengembangan Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Jember ini adalah pengembangan dan pelestarian di setiap obyek wisatanya yang melalui strategidan program pengembangan potensi wisata masing-masing wilayah di tiap kecamatan khususnya pantai Bande Alit (Kecamatan Tempurejo), pantai Papuma (Kecamatan Ambulu), pantai Puger (Kecamatan Puger), pantai Watu Ulo (Kecamatan Ambulu), pantai Paseban (Kecamatan Kencong). Dengan adanya perencanaan pengembangan obyek wisata ini akan memberikan gambaran yang jelas kelebihan dan kekurangan serta program apa yang tepat baik itu dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Dalam perencanaan diperlukan aspek-aspek yang menjadi acuan perencanaan sebuah obyek wisata, untuk itu aspek-aspek yang mempengaruhi dalam perencanaan ini adalah aspek pemasaran, aspek sumber daya masyarakat, aspek atraksi, aspek amenitas, dan aspek aksesbilitas. Dalam aspek-aspek tersebut terdapat berbagai perencanaan yang telah di buat sesuai dengan aspek yang telah ada. Perencanaan yang sesuai dengan aspek-aspek tersebut akan di sertai dengan strategi agar dalam keberhasilan perencanaan akan semakin besar. Strategi yang akan diterapkan dalam perencanaan ini adalah sebagai berikut: strategi pengembangan produk, strategi pengembangan jalur wisata, strategi pengembangan kelembagaan, strategi pengembangan lingkungan, strategi akses- bilitas dan strategi monitoring dan evaluasi.Perencanaan ini akan dilaksanakan dalan beberapa tahap yaitu seabagai berikut. a. Tahap pertama yaitu mengusahakan rehabilitasi dan peningkatan kondisi obyek wisata yang akan dikembangkan. Selain itu dikembangkan pula usaha pemasaran wisata pada masyarakat luas, baik itu berupa pengiklanan di media masa, media elektronik, dan kerjasama dengan perusahaan biro perjalanan. Di tahap pertama ini juga akan dibuka peluang pengadaan kerjasama dengan pihak swasta dalam hal pengembangan obyek wisata. b. Tahap kedua yaitu mengevaluasi segala kegiatan perencanaan yang telah dilaksanakan serta melanjutkan usaha pembangunan yang belum selesai dibangun pada tahap pertama. Dengan demikian dapat disimpulkan baik dari sisi potensi, persepsi masyarakat, wisatawan, dan industri pariwisata kawasan selatan sangat layak menjadi wisata alam unggulan, mengingat dukungan masyarakat, amenitas, dan fasilitas pariwisata yang ada di setiap obyek wisata. Jika perencanaan kawasan pantai selatan ini berhasil maka diharapkan akan memberi dampak bagi kepariwisataan di Jember serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6503
Appears in Collections:DP-Travel Agent

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agus Budi Cahyono - 100903102016_1.pdf99.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.