Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65036
Title: | Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember |
Authors: | Muchtar, Imam Fitriyah, Chumi Zahroul Nuritasari, Andriani Viki |
Keywords: | Open-Ended |
Issue Date: | 30-Nov-2015 |
Abstract: | Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar, dapat meningkatkan potensi intelektual siswa, dan agar pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru menjadi lebih berkembang. Proses belajar mengajar di sekolah, yang diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran open-ended. Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran PKn yaitu dengan memberikan permasalahan terbuka tentang masalah kewarganegaraan yang memiliki solusi bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau dampak dari penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember. Subyek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Tegal Gede 01 Jember yang terdiri dari kelas IVA dan IVB yang berjumlah 71 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, ix namun metode wawancara dan observasi tidak digunakan untuk menganalisis hasil belajar. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menentukan kelas eksperimen dan kontrol melalui pengundian, sebelum melakukan pengundian dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS mendapatkan harga , selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga harga , diketahui pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai = 1,997. Berdasarkan nilai = 1,997 dan nilai , maka < yaitu 1,555 < 1,997. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IVA dan IVB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Berdasarkan hasil pengundian tersebut kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil yaitu , harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 69 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > yaitu > , dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Tegal Gede 01 Jember. Pendekatan open-ended ini diharapkan menjadi alternatif pembelajaran inovatif bagi guru, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65036 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Andriani Viki Nuritasari - 110210204025.pdf | 6.43 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools