Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65001
Title: PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI POS PAUD CATLEYA 60 JEMBER TAHUN 2015
Authors: Marijono
Indrianti, Deditiani Tri
Fauziah, Siti Nailul
Keywords: Perkembangan Sosial-emosional
Anak Usia Dini
Issue Date: 30-Nov-2015
Abstract: Perkembangan sosial-emosional merupakan perkembangan mendasar bagi perkembangan anak. Namun pada kenyataannya perkembangan sosial-emosional masih kurang diperhatikan oleh pendidik dan orang tua di POS PAUD Catleya 60. Hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman tentang perkembangan sosialemosional. Dampak yang ada seperti peserta didik masih belum percaya diri untuk menunjukkan hasil karja, dan masih sulit untuk berinteraksi dengan lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi metode pembelajaran yang bisa memfasilitasi kegiatan bermain dan belajar anak sehingga perkembangan yang dimiliki bisa meningkat. Dalam penelitian ini metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Sehingga diperoleh rumusan masalah, Apakah terdapat peningkatan perkembangan sosialemosional anak usia dini melalui penerapan metode BCCT di POS PAUD Catleya 60?. Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial-emosional anak usia dini melalui metode BCCT di POS PAUD Catleya 60 Jember Tahun 2015. Dan penelitian yang dilakukan bermanfaat bagi peneliti, program studi Pendidikan Luar Sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga POS PAUD Catleya 60. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan purposive area yaitu di kelas A POS PAUD Catleya 60. Untuk teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan sample bertujuan. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen skala penilaian. Dan metode analisis datanya menggunakan rumus mean. ix Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali kegiatan pembelajaran. Setiap siklus diterapkan dua sentra bermain, yaitu sentra bahan alam dan sains serta sentra seni. Dan setiap siklus yang membedakan hanya kegiatan bermain pada pijakan saat bermain saja. Pada siklus pertama dilaksanakan dengan kegiatan mengecap dengan kulit rambutan dan kolase menggunakan kertas, siklus kedua dilaksanakan dengan kegiatan meronce manik dan kegiatan kolase menggunakan biji padi, sedangkan pada siklus ketiga dilaksanakan dengan kegiatan asap abur dan kegiatan kolase menggunakan pasir. Dalam penerapan metode BCCT ini memiliki indikator penilaian yang harus dicapai oleh peserta didik, yaitu dapat mengikuti aktivitas setidaknya 20 menit. dapat bermain bersama tetapi dengan pengawasan orang dewasa, dapat mengerjakan sesuatu sendiri. Dan indikator dapat bekerja dalam kelompok kecil selama 5-12 menit, bangga dengan hasil kerja sendiri, mengungkapkan perasaan, pendapat, ataupun pertanyaan. Dari pelaksanaan ketiga siklus dapat dilihat adanya peningkatan perkembangan sosial-emosional dari peserta didik. Pada kegiatan pra siklus memperoleh ketutasan klasikal 26,3% dan 29,1%. Setelah dilakukan perbaikan, di siklus pertama diperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 37,5% dan 46%. Setelah dilakukan perbaikan, di siklus kedua diperoleh hasil rata-rata klasikal sebesar 54,2% dan 64%. Dan hasil rata-rata klasikal dari siklus ketiga sebesar 82% dan 94,4%. Dalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti memiliki suatu keterbatasan. Yaitu Keterbatasan waktu penelitian dilapangan yang dilakukan selama satu bulan saja dan keterbatasan biaya jika lama penelitian di lapangan ditambah sehingga membutuhkan biaya yang semakin banyak. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan perkembangan sosial-emosional yang dilakukan dengan penerapan metode BCCT. Penerapan metode BCCT sangat tepat untuk meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak usia dini dan perkembangan lain yang dimiliki oleh peserta didik. Dan karena penerapan metode BCCT dapat meningkatkan perkembangan sosial-emosional, maka diharapkan kepada pendidik mau untuk mencoba penerapan metode BCCT ini pada proses pembelajaran selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65001
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
110210201013_Siti Nailul Fauziah_may.pdf1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools