Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64994
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMasyhud, M. Sulthon-
dc.contributor.advisorl Fitriyah, Chumi Zahrou-
dc.contributor.authorAnjani, Ratna Puji-
dc.date.accessioned2015-11-30T02:00:27Z-
dc.date.available2015-11-30T02:00:27Z-
dc.date.issued2015-11-30-
dc.identifier.nim110210204091-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64994-
dc.description.abstractPenggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode Role Playing merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Dabasah 3 Bondowoso, pada tanggal 21 April 2015, 23 April 2015 dan 30 April 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas III-A, kelas III-B dan kelas III-C dengan jumlah siswa masing-masing kelas 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. viii Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan rumus Anova menggunakan data hasil ulangan akhir semseter gasal tahun pelajaran 2014/2015. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 14 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji homogenitas diketahui bahwa ketiga kelas homogen, kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode role playing, sedangkan kelas III-B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan metode role playing (konvensional). Uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang di ajar menggunakan metode role playing mempunyai rata-rata nilai sebesar 84,33, sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 79,61. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 14 sebesar 3,629. Kemudian dikonsultasikan dengan t- dengan db=56. Diperoleh bahwa hasil t-ℎ > t- yaitu 3,629 > 2,003. Kemudian untuk mengetahui keefektifan relatif (ER) metode role playing digunakan rumus ER, melalui perhitungan rumus ER diperoleh hasil 53,49%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan sebesar 53,49% antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan metode role playing dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso 2014/2015. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memakai metode role playing sebagai metode alternatif dalam PBM, pihak sekolah diharapkan dapat mendukung penggunaan metode role playing sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRole Playingen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ratna Puji Anjani-110210204091-chn.bak.pdf2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools