Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/6499
Title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBASIS LESSON STUDY DENGAN ASSESSMENT PORTOFOLIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI ARJASA JEMBER
Authors: Siti Fatimah
Keywords: METODE PEMBELAJARAN, BERPIKIR KRITIS
Issue Date: 9-Dec-2013
Series/Report no.: 070210193032;
Abstract: Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri Arjasa, Jember diketahui bahwa di SMA Negeri Arjasa, Jember dalam melakukan penilaiannya masih menggunakan penilaian tes saja. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan salah satu cara yaitu dengan menggunakan penilaian (assessmen) portofolio dan juga diperlukan metode pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu metode yang sesuai untuk penilaian portofolio adalah metode diskusi, karena dengan metode ini siswa dapat mengeluarkan pendapat dan dapat saling tukar menukar informasi sehingga pengetahuan siswa terus bertambah. Selain itu dengan penggunaan metode pembelajaran diskusi dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study dengan assessment portofolio terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa,Jember, (2) hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa, Jember. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran terutama pada pelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arjasa, Jl. Sultan Agung No. 64 Arjasa, Jember yang dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2011-2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester gasal SMA Negeri Arjasa, Jember tahun ajaran 2011-2012. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Pengumpulan data menggunakan metode: observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan penilaian keterampilan berpikir kritis. Dalam tahap ini untuk menguji pengaruh metode pembelajaran diskusi berbasis Lesson Study dengan assessment portofolio terhadap keterampilan berpikir kritis dengan melihat indeks gain dari nilai pretest dan posttest dan penilaian berdasarkan kriteria keterampilan berpikir kritis, sedangkan hasil belajar siswa dilakukan analisis data dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) penilaian keterampilan berpikir krtis dapat dicari dengan menggunakan indeks gain dari skor pretest dan posttest, selain itu juga dapat dengan menggunakan beberapa kriteria dalam penilaian keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis tampak lebih tinggi pada kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5). Dari hasil uji ANOVA dengan taraf signifikan 0,000 (< 0,05) menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh yang berbeda pada kedua kelas tersebut. Skor pretest dan posttest dapat juga digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu dapat diukur melalui nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil uji ANOVA peningkatan dari nilai kognitif dengan taraf signifikan 0,001 (< 0,05), afektif dengan taraf signifikan 0,016 (< 0,05), dan psikomotorik dengan taraf signifikan 0,001 (< 0,05), jika dilihat taraf signifikannya dapat disimpulkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh yang berbeda kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5) dan peningkatan nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik tampak lebih tinggi pada kelas eksperimen (XI IPA 3) dibandingkan dengan kelas eksperimen (XI IPA 5).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6499
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Fatimah_1.pdf193.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools