Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64713
Title: Penjadualan Perkuliahan Berdasarkan Minimisasi Ketidaksukaan Tenaga Pendidik Dengan Metode Integer Linear Programming pada Progran Studi S1 Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan (IESP) Universitas Jember
Authors: Pudjo Musmedi, Didik
Bambang Gusminto, Eka
WAHYUNI, SITI
Keywords: Penjadualan perkuliahan
Integer Linear Programming
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ PRESS
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuat penjadualan perkuliahan dengan metode integer linear programming. Penjadualan perkuliahan ini menggunakan pendekatan action research dan metode yang digunakan adalah integer linear programming. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik jurusan IESP yang mengajar matakuliah jurusan IESP pada semester genap. Fungsi tujuannya adalah meminimalkan ketidaksukaan tenaga pendidik terhadap waktu perkuliahan. Fungsi kendalanya antara lain; a) Fungsi kendala untuk tenaga pendidik yang dibagi menjadi 3 yaitu: 1) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadap matakuliah agar penjadualan setiap matakuliah tepat pada satu waktu penjadualan.2) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadap matakuliah agar penjadualan tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah, penjadualannya tidak saling bentrok. 3) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadapa waktu perkuliahan agar penjadualan tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah tidak boleh berurutan waktunya. b) Fungsi kendala untuk penjadualan matakuliah terhadapa waktu perkuliahan agar penjadualan matakuliah dalam satu semester tidak saling bentrok. Hasil penelitian dengan menggunakan integer linear programming yaitu; Fungsi tujuan dan fungsi kendala dalam penjadualan dapat dirumuskan sehingga didapatkan solusi optimal berupa 44 penjadualan dalam seminggu, tanpa ada penjadualan yang bentrok maupun berurutan bagi tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah, dan tidak ada penjadualan yang bentrok antara matakuliah pada semester yang sama.Analisis sentivitas menunjukkan bahwa perubahan preverensi waktu kuliah bagi setiap tenaga pendidik sangat berpengaruh terhadap solusi optimal, sehingga jika ada perubahan preferensi waktu kuliah maka penjadualan harus dilakukan kembali.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64713
Appears in Collections:SRA-Economic and Business Article

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI WAHYUNI.pdf192.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.