Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64215
Title: | STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA ASING |
Authors: | Furoidatul Husniah Yulia Hidayana Rusdhianti Wuryaningrum Furoidatul Husniah |
Keywords: | Strategi komunikasi mahasiswa asing bahasa Indonesia |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Strategi komunikasi perlu digunakan mahasiswa asing penutur bahasa Indonesia dalam berinteraksi dengan mahasiswa penutur asli bahasa Indonesia. Pada umumnya, dalam berbahasa Indonesia, mahasiswa penutur asing memiliki keterbatasan khususnya dalam penguasaan kosa kata dan struktur kalimat. Kurangnya penguasaan dan p emahaman tentang B2 oleh mahasiswa asing, mempengaruhi kelancaran dalam berkomunikasi dengan mahasiswa penutur asli bahasa Indonesia sehingga penutur asing perlu menggunakan cara atau strategi untuk menutupi keterbatasan tersebut.. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui wujud strategi komunikasi dalam berbahasa Indonesia mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar dan 2) mengetahui fungsi strategi komunikasi dalam berbahasa Indonesia bagi mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar. Jenis dan rancangan penelitian kualitatif-deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini berupa ujaran dan sinyal non-linguitik (gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gestur) yang mengindikasikan adanya wujud strategi komunikasi. Sumber data penelitian adalah mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar. Hasil penelitian tentang strategi komunikasi mahasiswa penutur asing dalam berbahasa Indonesia ini menunjukkan adanya beberapa wujud strategi komunikasi. Wujud strategi tersebut yakni strategi kompensatoris dan strategi penghindaran. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64215 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Yulia Hidayana.pdf | 264.66 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.