Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64215
Title: STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BERBAHASA INDONESIA MAHASISWA ASING
Authors: Furoidatul Husniah
Yulia Hidayana
Rusdhianti Wuryaningrum
Furoidatul Husniah
Keywords: Strategi komunikasi
mahasiswa asing
bahasa Indonesia
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Strategi komunikasi perlu digunakan mahasiswa asing penutur bahasa Indonesia dalam berinteraksi dengan mahasiswa penutur asli bahasa Indonesia. Pada umumnya, dalam berbahasa Indonesia, mahasiswa penutur asing memiliki keterbatasan khususnya dalam penguasaan kosa kata dan struktur kalimat. Kurangnya penguasaan dan p emahaman tentang B2 oleh mahasiswa asing, mempengaruhi kelancaran dalam berkomunikasi dengan mahasiswa penutur asli bahasa Indonesia sehingga penutur asing perlu menggunakan cara atau strategi untuk menutupi keterbatasan tersebut.. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui wujud strategi komunikasi dalam berbahasa Indonesia mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar dan 2) mengetahui fungsi strategi komunikasi dalam berbahasa Indonesia bagi mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar. Jenis dan rancangan penelitian kualitatif-deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini berupa ujaran dan sinyal non-linguitik (gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gestur) yang mengindikasikan adanya wujud strategi komunikasi. Sumber data penelitian adalah mahasiswa asing Universitas Jember asal Madagaskar. Hasil penelitian tentang strategi komunikasi mahasiswa penutur asing dalam berbahasa Indonesia ini menunjukkan adanya beberapa wujud strategi komunikasi. Wujud strategi tersebut yakni strategi kompensatoris dan strategi penghindaran.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64215
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yulia Hidayana.pdf264.66 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.