Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64214
Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
Authors: Titin Kartini
Yuli Prastika
Sutrisno Djaja
Titin Kartini
Keywords: Kualitas Pelayanan
Kepuasan Pasien
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit AL-HUDA Genteng Kabupaten Banyuwangi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu pada Rumah Sakit AL-HUDA Genteng Kabupaten Banyuwangi. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode Random Sampling, yaitu sebanyak pasien rawat inap di Rumah Sakit AL-HUDA Genteng yang masih dikategorikan menderita penyakit ringan pada tanggal 12, 13, dan 14 Mei 2014 di kelas 1, meliputi ruang Ihsan, ruang Iman, ruang Aulia, dan ruang Syukur. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit AL-HUDA Genteng Kabupaten Banyuwangi sebesar 77,1%. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit AL – Huda Genteng Kabupaten Banyuwangi dapat meningkatkan kepuasan pasien rumah sakit tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64214
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YULI PRASTIKA.pdf276.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.