Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64211
Title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU ANANDA UPTD SKB BONDOWOSO 2013/2014
Authors: Deditiani Tri Indrianti
Muchibudin Farichi
AT. Hendra Wijaya
Deditiani Tri Indrianti
Keywords: Pendekatan pembelajaran inkuiri
Kemandirian anak usia dini
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Pendekatan pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pencapaian kemandirian seorang anak, hal ini disebabkan kemampuan anak bertindak dan mengambil keputusan yang dilakukan oleh seorang anak hanya mungkin dimiliki oleh anak yang mampu berfikir dengan saksama dengan tindakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran dalam mengimplentasikan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso 2013/2014. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data mereduksi data, pemaparan data, serta menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui implementasi pendekatan pembelajaran inkuiri dalam membentuk kemandirian anak ditunjukkan dengan pembelajaran yang berpusat pada anak yang merangsang anak didik untuk aktif mengajukan pertanyaan, serta kemandirian anak usia dini ditunjukkan dengan tingkat kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pendidik tanpa bantuan orang lain. Saran untuk orangtua anak didik yaitu hendaknya orangtua memberi kepercayaan kepada anak agar anak dapat mandiri, sedangkan untuk pendidik yaitu memberikan pengawasan secara penuh kepada masing-masing anak didik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64211
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yola Ariska Deviana.pdf238.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.