Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64209
Title: Motivasi Guru Untuk Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Luas Lingkaran
Authors: Dian Kurniati
Yoanda Virnia S
Toto' Bara Setiawan
Dian Kurniati
Keywords: Motivasi Guru
Kemandirian Belajar
Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Fakta tentang banyak siswa yang memiliki pemikiran bahwa pelajaran matematika itu sulit dapat menjadi salah satu penyebab kurangnya kemandirian belajar siswa. Motivasi dari guru sangat berperan dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa. Banyak upaya untuk mengatasi ketidakmandirian siswa, salah satunya yaitu kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Lesson Study dimana guru secara kolaboratif dan berkesinambungan melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujian untuk (1) mengkaji dan mendeskripsikan motivasi guru pada pembelajaran matematika berbasis Lesson Study pada sub pokok bahasan luas lingkaran dan dapat membentuk karakter kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso, dan (2) mengkaji dan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso selama proses pembelajaran matematika berbasis Lesson Sttudy pada sub pokok bahasan luas lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan serta peningkatan karakter kemandirian belajar siswa dari sebelum penelitian dilaksanakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Siswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri ketika guru berupaya maksimal dalam memotivasi siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64209
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YOANDA VIRNIA SUTEDJO.pdf248.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.