Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64198
Title: | PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI |
Authors: | Bambang Suyadi Yana Ika Aprilina Bambang Hari P Bambang Suyadi |
Keywords: | Persepsi Siswa Kemampuan Guru Media Pembelajaran Minat Belajar |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran di kelas akan menimbulkan berbagai persepsi siswa, karena di dalam kelas terdapat beberapa karakteristik yang berbeda-beda yang akan menentukan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Jember pokok bahasan kebutuhan. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, penentuan responden menggunakan metode proposional random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Jember pokok bahasan kebutuhan. Hal tersebut diperkuat oleh hasil analisis koefisien determinasi yang diperoleh angka Rsquare sebesar 0,752 yang menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berpengaruh sebesar 75,2% terhadap minat belajar ekonomi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64198 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YANA IKA APRILINA.pdf | 264.44 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.