Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64196
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDian Kurniati-
dc.contributor.authorWisas Yuan Isvina-
dc.contributor.authorTitik Sugiarti-
dc.contributor.authorDian Kurniati-
dc.date.accessioned2015-10-12T01:33:50Z-
dc.date.available2015-10-12T01:33:50Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64196-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas VII-C SMP Negeri 1 Jember dalam memecahkan masalah sub pokok bahasan trapesium berdasarkan tahapan Wallas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 36 orang. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu lembar jawaban siswa mengenai soal tes pemecahan masalah matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII-C dengan masing-masing subjek yaitu S1 (Siswa dengan kategori AQ tinggi), S2 (Siswa dengan kategori AQ sedang), dan S3 (Siswa dengan kategori AQ rendah) dapat menyelesaikan tes pemecahan masalah sesuai dengan tahapan proses berpikir kreatif (tahap Wallas) yang sudah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing subjek berbeda dalam proses mengerjakannya. Siswa dengan AQ tinggi (climber) banyak menunjukkan adanya karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori climber, siswa dengan AQ sedang (camper) cenderung menunjukkan beberapa karakteristik berpikir kreatif yang lebih sesuai dengan kategori peralihan dari quitter menuju camper, dan siswa dengan AQ rendah (quitter) tidak menunjukkan karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori quitter.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAdversity Quotienten_US
dc.subjectberpikir kreatifen_US
dc.subjectpemecahan masalah matematikaen_US
dc.subjectproses berpikir kreatfen_US
dc.subjecttahapan Wallasen_US
dc.titleProses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Sub Pokok Bahasan Trapesium Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Adversityen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WISAS YUAN ISVINA.pdf289.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.