Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64191
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) Dalam Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Organisasi Kelas VA di SDN Jember Kidul 04
Authors: Rahayu
Winda Irma Ningsih
Imam Muchtar
Rahayu
Keywords: Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review),
Aktivitas Belajar Siswa
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA melalui penerapan strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review). Hal ini dikarenakan di SDN Jember Kidul 04 terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya karena penggunaan strategi belajar siswa yang tidak tepat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Jember Kidul 04 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Jember Kidul 04 yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 72,74 pada siklus I dan pada siklus II 80,12. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 70,84 pada siklus I dan pada siklus II 85,42.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64191
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WINDA IRMA NINGSIH.pdf313.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.