Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64187
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorDETAGORY, Weldy Nugroho
dc.contributor.authorNURIMAN
dc.contributor.authorAGUSTININGSIH
dc.date.accessioned2015-10-12T01:03:10Z
dc.date.available2015-10-12T01:03:10Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64187
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru mengajar masih menggunakan cara konvensional. Pada saat pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa mendengarkan materi yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas-tugas. Guru menjadi satu-satunya penggerak dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Oleh karena itu, diterapkan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen yang membuat siswa lebih aktif dalam berfikir, berbuat serta menyelesaikan masalah secara ilmiah. Perpaduan gerakan fisik dan aktivitas intelektual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan Mc. Taggart, penerapan pendekatan SAVI melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPendekatan SAVI melalui Metode Eksperimenen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi di SD Negeri Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WELDY NUGROHO DETAGORY.pdf258.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.