Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64187
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | AGUSTININGSIH | |
dc.contributor.author | DETAGORY, Weldy Nugroho | |
dc.contributor.author | NURIMAN | |
dc.contributor.author | AGUSTININGSIH | |
dc.date.accessioned | 2015-10-12T01:03:10Z | |
dc.date.available | 2015-10-12T01:03:10Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64187 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru mengajar masih menggunakan cara konvensional. Pada saat pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa mendengarkan materi yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas-tugas. Guru menjadi satu-satunya penggerak dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Oleh karena itu, diterapkan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen yang membuat siswa lebih aktif dalam berfikir, berbuat serta menyelesaikan masalah secara ilmiah. Perpaduan gerakan fisik dan aktivitas intelektual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan Mc. Taggart, penerapan pendekatan SAVI melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Pendekatan SAVI melalui Metode Eksperimen | en_US |
dc.subject | AKTIVITAS BELAJAR SISWA | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.title | Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Metode Eksperimen Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi di SD Negeri Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
WELDY NUGROHO DETAGORY.pdf | 258.63 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.