Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64184
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuranto-
dc.contributor.authorWarid Fadillah Faqih-
dc.contributor.authorSuranto-
dc.contributor.authorSumarno-
dc.date.accessioned2015-10-12T00:52:59Z-
dc.date.available2015-10-12T00:52:59Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64184-
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran sejarah yang didominasi oleh pendidik. Pendidik masih menggunakan pembelajaran padarigma lama yang mengakibatkan peserta didik pasif sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah dengan menerapkan pembelajaran isu kontroversial pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Tanggul. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai bulan September 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Tanggul dengan jumlah 30 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Aktivtitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 70,79, meningkat 8,85% dari pra siklus, pada siklus 2 meningkat 7,47% menjadi 76,23, pada siklus 3 meningkat 4,02% menjadi 79,3.  Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran isu kontroversial dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tanggulen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPembelajaran isu kontroversialen_US
dc.subjectaktivitas belajar peserta didiken_US
dc.subjecthasil belajar peserta didiken_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIALen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WARID F. FAQIH.pdf307.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.