Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64171
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVivit Nurul Fadilah-
dc.contributor.authorImam Muchtar-
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah-
dc.date.accessioned2015-10-09T00:18:54Z-
dc.date.available2015-10-09T00:18:54Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64171-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ampel 04 Wuluhan Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember.Hal ini dikarenakan aktivtas belajar siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa sedang pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa siklus I 53,25%  (kategori cukup aktif), mengalami peningkatan 17,94% pada siklus II menjadi 71,19% (kategori aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 67,04 (kategori cukup) dan pada siklus II sebesar 73,78 (kategori baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasen_US
dc.subjectmake a matchen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VIVIT NURUL FADILAH.pdf268.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.