Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64169
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVivi Puji Lestari-
dc.contributor.authorMisno A. Latif-
dc.contributor.authorNanik Yuliati-
dc.date.accessioned2015-10-09T00:12:03Z-
dc.date.available2015-10-09T00:12:03Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64169-
dc.description.abstractModel cooperative learning tipe STAD dibentuk kelompok di mana satu sama lain akan saling membatu untuk menguasai materi yang diberikan oleh guru. Siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif yang signifikan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Sumberejo 03. Jenis penelitian ini penelitian eksperimental. Desain penelitian ini non equivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 berjumlah 56 siswa. Kelas IVA sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data digunakan metode tes dan dokumentasi. Uji homogenitas diperoleh dari nilai UTS IPS semester genap . Kondisi dari kedua kelas dinyatakan homogen dengan nilai t0<ttabel (0,241<2,0063) dengan db =54 pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data digunakan uji ttest sampel terpisah. Hasil uji ttest>ttabel (3,870>2,0063) dengan db =54 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan perhitungan keefektifan relatif sebesar 52.937%. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh positif  yang signifikan  model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Siswa yang diajar dengan menggunakan model cooeperative tipe STAD hasil belajarnya lebih baik 52,93% dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan model cooperative tipe STAD.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectMODEL COOPERATIVEen_US
dc.subjectPENELITIAN EKSPERIMENTALen_US
dc.subjectMASALAH SOSIALen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di SDN Sumberejo 03 Ambulu-Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VIVI PUJI LESTARI.pdf285.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.