Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64167
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Vityatun Hasanah | - |
dc.contributor.author | Umar HMS | - |
dc.contributor.author | Sri Wahyuni | - |
dc.date.accessioned | 2015-10-08T08:15:40Z | - |
dc.date.available | 2015-10-08T08:15:40Z | - |
dc.date.issued | 2015 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64167 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit untuk siswa kelas X Ak dengan menggunakan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadai 3-D (define, design, dan develop). Ujicoba produk dilakukan sebanyak dua kali (terbatas dan lebih luas) dilakukan setelah tahap validasi modul oleh para validator. Ujicoba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas X Ak 2 dan ujicoba lebih luas dilakukan pada 39 siswa kelas X Ak 3 di SMK Negeri 1 Jember. Model pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Uji tingkat daya tarik modul dengan menskor hasil angket respon siswa pada ujicoba terbatas dan lebih luas; (2) Uji tingkat efisiensi modul diketahui dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran akuntansi dan siswa kelas X Ak; serta (3) Uji tingkat efektifitas modul dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest. Hasil validasi tahap II menunjukkan bahwa modul ini layak untuk diujicobakan dengan rata-rata skor penilaian oleh para validator 80,5%. Kemudian diujicobakan pada ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas, yang hasilnya menunjukkan bahwa modul merupakan modul yang menarik, efisien, dan efektif. Pada ujicoba lebih luas diperoleh rata-rata hasil skoring respon siswa terhadap modul tersebut sebesar 83% (sangat menarik); rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 70,50% menjadi 90,89% dengan waktu belajar lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang dialokasi dalam silabus.Produk yang dihasilkan berupa modul akuntansi berdasarkan kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mendeskripsikan mekanisme debet dan kredit yang menarik, efisien, dan efektif ini dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas X Ak sebagai bahan ajar dalam mempelajari akuntansi dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013 | en_US |
dc.subject | Modul | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN MEKANISME DEBET DAN KREDIT UNTUK SISWA KELAS X AK SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 1 JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
VITYATUN HASANAH.pdf | 281.12 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.