Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64166
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVinny Dwi Librianti-
dc.contributor.authorSunardi-
dc.contributor.authorTitik Sugiarti-
dc.date.accessioned2015-10-08T08:12:59Z-
dc.date.available2015-10-08T08:12:59Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64166-
dc.description.abstractujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 orang. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah lembar kerja siswa dan hasil wawancara. Karakteristik kecerdasan visual spasial ada 4 meliputi pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah, dan pencarian pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A yang mampu memenuhi empat karakteristik kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan masalah geometri sebanyak 5 orang. Selain ke-5 siswa yang dapat memenuhi 4 karakteristik kecerdasan visual spasial, terdapat 9, 13, dan 5 siswa yang berturut-turut memenuhi 3, 2, dan 1 karakteristik kecerdasan visual spasial, serta 3 siswa yang tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial. Karakteristik kecerdasan logis matematis ada 6 meliputi klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran induktif, membentuk hipotesis dan mengecek kembali. Siswa kelas VIII A yang mampu memenuhi enam karakteristik kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah geometri sebayak 6 orang. Selain ke-6 siswa yang dapat memenuhi 6 karakteristik kecerdasan logis matematis, terdapat 12, 2, 1, 3, dan 8 siswa yang berturut-turut memenuhi 5, 4, 3, 2, dan 1 karakteristik kecerdasan logis matematis, serta 3 siswa yang tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan logis matematis.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkecerdasan logis matematisen_US
dc.subjectkecerdasan visual spasialen_US
dc.subjectmasalah geometrien_US
dc.titleKecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VINNY DWI LIBRIANTI.pdf265.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.