Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64160
Title: Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Keragaman Suatu Bangsa dan Budaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Tegalgede 02 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Authors: Adianawati, vera riska
Yuliati, Nanik
Umar H.M.Saleh
Keywords: Metode demontrasi
media gambar
aktivitas belajar
hasil belajar
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penggunaan media gambar melalui metode demontrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan keragaman suatu bangsa dan budaya siswa kelas IV SDN Tegalgede 02. Media gambar dan demontrasi digunakan untuk meningkatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Metode demontrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu. Metode demontrasi dengan menggunakan media gambar untuk pemahaman serta mengetahui dengan jelas bentuk suatu benda. Hal ini juga dilakukan untuk melatih siswa agar dapat berani mendemonstrasikan suatu pengetahuan untuk menguji pemahaman siswa ketika sudah menerima materi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan penggunaan metode demontrasi melalui media gambar. Skor aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 47,38%, sedangkan skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,89%, dan skor pada siklus II sebesar 77,5%. Peningkatan skor aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar 18,61%. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 46,08%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54,17%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 29,16%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64160
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VERA RISKA ADIANAWATI.pdf139.89 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.