Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64156
Title: | Pengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap Sikap dan Pengetahuan Siswa Kelas X Pokok Bahasan Statistika |
Authors: | U'ul Ulinuha Rahajeng Widhaning Susi Setiawani Dian Kurniati |
Keywords: | Lingkungan Belajar Berbasis Kelas sikap pengetahuan |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada bulan April 2015. Sampel yang diambil adalah 2 kelas homogen yang dipilih berdasarkan keadaan lingkungan kelasnya yang sesuai dengan persyaratan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas. Lingkungan Belajar Berbasis Kelas diukur menggunakan adaptasi skala (Actual Classroom Environment Scale) ACES [6], sikap diukur menggunakan Skala Sikap Siswa terhadap Matematika dan pengetahuan diukur menggunakan pre-test dan post-test yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji t (independent sample test) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap siswa (p=0,000<0,05) dan terhadap pengetahuan siswa (p=0,000<0,05). Selain itu, model regresi menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 27% terhadap sikap siswa (r2 =0,267), serta 33% terhadap pengetahuan siswa (r2). Hasil penelitian menunjukkan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa , meskipun tidak besar. Hal ini karena adanya variabel lain yang mempengaruhi sikap siswa yaitu faktor guru, faktor lingkungan belajar dan faktor lingkungan kelas. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64156 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
U'UL ULINUHA RAHAJENG WIDHANING.pdf | 253.32 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.