Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64146
Title: ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON DALAM MENYELESAIKAN
Authors: Tristian Febriana Nilasari
Hobri
Nurcholif Diah Sri Lestari
Keywords: Kesalahan Siswa
Kategori Watson
Analisis Kesalahan
Himpunan
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Kenyataan yang menunjukkan bahwa siswa masih sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal sehingga mereka melakukan kesalahan dalam menjawab. Kesalahan siswa sering tidak ditindaklanjuti dengan melihat penyebab dari respon kesalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal himpunan. Kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan Watson terdiri dari delapan kategori. Delapan kategori tersebut yaitu kesalahan data tidak tepat, kesalahan prosedur tidak tepat, kesalahan data hilang, kesalahan kesimpulan hilang, kesalahan konflik level respon, kesalahan manipulasi tidak langsung, kesalahan masalah hirarkhi keterampilan, dan kesalahan selain ketujuh kategori di atas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kesalahan utama yang dilakukan siswa yaitu kesalahan masalah hirarkhi keterampilan. Bagi guru sebaiknya memberikan soal-soal dengan berbagai variasi soal dan bagi siswa sebaiknya banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe soal yang berbeda-beda, untuk meningkatkan pemahaman dalam penghitungan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64146
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TRISTIAN FEBRIANA NILASARI.pdf257.07 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.