Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64141
Title: Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember
Authors: Tituk Handayani
Rahayu
Sihono
Keywords: Hasil Belajar
Inquiry
Motivasi Belajar
Penelitian Tindakan Kelas
Issue Date: 2012
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SDN Mrawan 01 Jember. Hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa rendah dan hasil belajar siswa kurang baik pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I sebesar 79 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 9,43% pada siklus II menjadi 88,43 (kategori sangat tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 60,1 (kategori cukup baik) dan pada siklus II sebesar 81,3 (kategori sangat baik).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64141
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TITUK HANDAYANI.pdf275.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.