Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64138
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) Siswa Kelas V SDN Klungkung Jember Tahun Pembelajaran 2013/2014
Authors: Kurniawati, Titik
Betiarso, Singgih
Agustiningsih
Keywords: Pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI)
aktivitas belajar
hasil belajar
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di SDN Klungkung 03 Jember. Pendekatan pembelajaran SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang mengkombinasikan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta memanfaatkan semua alat indra yang dapat berpengaruh besar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,37% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 82,27% dengan kategori aktif. Peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,9%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,26% meningkat menjadi 77,38% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 10,12 %.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64138
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TITIK KURNIAWATI.pdf317.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.