Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64137
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HADI, Tita Amelia | |
dc.contributor.author | HADI, Tita Amelia | |
dc.contributor.author | WALUYO, Joko | |
dc.contributor.author | SURATNO | |
dc.date.accessioned | 2015-10-08T00:47:53Z | |
dc.date.available | 2015-10-08T00:47:53Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64137 | |
dc.description.abstract | Akhir-akhir ini pendidikan di indonesia konsisten berada di peringkat bawah dalam beberapa riset internasional. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatur pola pikir dan belajarnya. Keterampilan metakognisi diharapkan bisa meningkatkan kemampuan kognisi siswa. Salah satu model yang sesuai dengan penerapan keterampilan metakognisi adalah model KUASAI karena salah satu prinsip dasar dari model ini adalah belajar bagaimana belajar (Learning how to learn) dan belajar bagaimana berpikir (learning how to think). Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh model KUASAI terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimntal semu dengan pre-test and post-test non equivalent design.. Sample dibagi menjadi dua kelompok perlakuan, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran KUASAI. Penenlitian ini terdiri dari dua pertemuan pada masing-masing kelas dan data dianalisis menggunakan ANAKOVA untuk keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,000 pada keterampilan metakognisi siswa secara keseluruhan, tetapi analisis terhadap 5 indikator keterampilan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,019, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen pada indicator pertama keterampilan metakognisi, namun pada 4 indikator lain mencapai taraf signifikansi. Model KUASAI juga menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,046 terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penenelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran KUASAI berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi siswa dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | MODEL KUASAI | en_US |
dc.subject | METAKOGNISI | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN METAKOGNISI | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR SISWA | en_US |
dc.title | Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran KUASAI Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TITA AMELIA HADI.pdf | 271.32 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.