Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64135
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar |
Authors: | Tina Wahyu Lestari Sudarti Bambang Supriadi |
Keywords: | hasil belajar siswa kemampuan berpikir kritis siswa media kartu masalah model pembelajaran discovery learning. |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning media kartu masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA dan pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di SMPN 10 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0,026 ≤ 0,05. Hasil analisis untuk hasil belajar kompetensi sikap sebesar 0,006 ≤ 0,05, kompetensi ketrampilan sebesar 0,0005 ≤ 0,05, dan kompetensi pengetahuan sebesar 0,075 ˃ 0,05. Berdasarkan hasil uji t, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi sikap dan ketrampilan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64135 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TINA WAHYU LESTARI.pdf | 257.29 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.