Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64134
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTias Yunita
dc.contributor.authorJekti Prihatin
dc.contributor.authorSulifah Aprilya
dc.date.accessioned2015-10-08T00:39:13Z
dc.date.available2015-10-08T00:39:13Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64134
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa tidak selamanya berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan, terkadang cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang sulit untuk memahami. Dalam hal motivasi pun terkadang tinggi dan terkadang juga sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Pada siswa menurunnya hasil belajar juga merupakan hal yang tidak mudah untuk dapat menghindarinya. Penurunan hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan strategi pembelajaran yang masih banyak didominasi oleh metode ceramah. Penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan media animasi flash dapat dilakukan pada proses pembelajaran IPA-Biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Silo semester genap tahun ajaran 2013/2014. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran yang dilaksanakan terjadi peningkatan motivasi belajar, pada aspek attention meningkat sebesar 13,32 %, aspek relevance meningkat sebesar 11,4 %, aspek confidence meningkat sebesar 12,46 %, dan aspek satisfaction meningkat sebesar 9,34 %. Ketuntasan aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 meningkat sebesar 40,01 %, dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 22,85 % dan dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 62,86 %. Aspek afektif mengalami peningkatan ketuntasan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 17,14 %, dari siklus 1 ke silus 2 meningkat sebesar 25,71 %, dan dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 42,85%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTHINK TALK WRITEen_US
dc.subjectANIMASI FLASHen_US
dc.subjectMOTIVASI BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGIen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TIAS YUNITA.pdf272.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.