Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64103
Title: Peningkatan Perkembangan Sosial-emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di POS PAUD Catleya 60 Jember Tahun 2015
Authors: Siti Nailul Fauziah
Marijono
Deditiani Tri Indrianti
Keywords: Perkembangan sosial-emosional
Metode Beyond Centers and Circle Time
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Perkembangan sosial-emosional anak usia dini merupakan dua aspek yang berlainan, namun dalam kenyataannya satu sama lain saling mempengaruhi. Perkembangan sosial yaitu perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. Dan perkembangan emosional yaitu perkembangan yang berhubungan dengan seluruh aspek dalam diri anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial-emosional anak usia dini melalui metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di POS PAUD Catleya 60 Jember Tahun 2015. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan skala penilaian. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan rumus mean. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan perkembangan sosial-emosional anak usia dini melalui metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT), yaitu pada kegiatan pra siklus memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 26,3% dan 29,1%. Dan untuk pembelajaran pada ketiga siklus diperoleh nilai ketuntasan klasikal sebagai berikut: siklus pertama 37,5% dan 46%; siklus kedua 54,2% dan 64%; siklus ketiga 82% dan 94,4%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dapat meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di POS PAUD Catleya 60 Jember Tahun 2015.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64103
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI NAILUL FAUZIAH.pdf251.14 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.