Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64099
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiti Lailatus Saadah-
dc.contributor.authorArju Mutiah-
dc.contributor.authorFuroidatul Husniah-
dc.date.accessioned2015-10-07T02:46:51Z-
dc.date.available2015-10-07T02:46:51Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64099-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam  mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi melalui penerapan metode acrostic. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi yang dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus II yang sudah mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 80, yakni 81,62 dibandingkan siklus I 79,78. Sebelum dilaksanakan tindakan, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (24,1%) dan 22 siswa (75,9%) belum tuntas. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat, yakni 17 siswa (60,71%) tuntas dan 11 siswa (39,29%) belum tuntas. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 29 siswa (100%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode acrostic dapat meningkatkan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Jemberen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode acrosticen_US
dc.subjectmengonversien_US
dc.subjectteks anekdoten_US
dc.subjectteks puisi.en_US
dc.titlePenerapan Metode Acrosticen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI LAILATUS SA'ADAH.pdf290.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.