Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64093
Title: TUTURAN PERSUASIF PEDAGANG DALAM INTERAKSI JUAL BELI
Authors: Siti Alfiah
Muji
Anita Widjajanti
Keywords: tindak tutur
persuasi
wujud
modus
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Tuturan persuasif adalah tuturan yang disampaikan oleh pedagang dengan tujuan mempengaruhi pembeli agar melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Tuturan persuasif pedagang memiliki berbagai wujud dan modus tuturan. Bagaimanakah wujud dan modus tuturan pada pedagang dalam interaksi jual beli di Pasar Tanjung Jember. Masalah ini disikapi dengan menggunakan desain penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi yang meliputi teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian ini diperoleh 3 wujud tuturan persuasif yang terbagi dalam 11 kategori, yaitu wujud deklaratif yang terdiri dari dua kategori (deklaratif informasi dan deklaratif pernyataan); wujud interogatif yang terdiri dari empat kategori (interogatif ya-tidak, interogatif dengan kata “apa”, interogatif dengan kata tanya tertentu, dan interogatif pembalikan); dan wujud imperatif yang terdiri dari lima kategori (imperatif permintaan, suruhan, larangan, nasihat, dan persilaan); serta 3 jenis modus tuturan, yaitu modus deklaratif, modus interogatif, dan modus imperatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 24 data.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64093
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI ALFIAH.pdf279.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.