Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64082
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUMARNO,
dc.contributor.authorSholihoddin,
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2015-10-07T00:54:40Z
dc.date.available2015-10-07T00:54:40Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64082
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif menjadi salah satu model pembelajaran yang selalu disarankan oleh hampir semua peneliti pedagogis. Tutor sebaya dapat membantu mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa. Belajar bersama teman sebaya menciptakan suasana yang lebih rileks dan tidak menegangkan . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Indikator dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini meliputi:  observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa 48,7% dan hasil belajar siswa 55%. Pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 61,3 dan hasil belajar siswa 75%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 72,4% dan hasil belajar siswa 80%. Dari diskripsi tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di MA NU Islamiah Asembagus.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTUTOR SEBAYAen_US
dc.subjectAKTIVITAS,en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Untukl Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 MA NU Islamiah Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SHOLIHODDIN.pdf287.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.