Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64075
Title: | Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Metode Newman Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegipanjang Di SMPN 11 Jember |
Authors: | Sekar Tyas Asih Sunardi Dian Kurniati |
Keywords: | Analisis kesalahan Newman Soal open ended |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah open ended materi persegi dan persegipanjang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tes dilakukan pada siswa kelas VII F di SMPN 11 Jember, sedangkan wawancara dilakukan kepada lima siswa yang paling banyak melakukan jenis kesalahan berdasarkan metode Newman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan membaca dan memahami soal, kesalahan transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam menggunakan notasi. Kesalahan membaca dan memahami soal yang dilakukan siswa seperti kesalahan dalam membaca informasi ukuran panjang, lebar, sisi, luas, keliling dan satuan; tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya; dan menuliskan yang diketahui dan ditanya tapi tidak sesuai. Kesalahan transformasi yang dilakukan siswa seperti tidak menggunakan rumus yang tepat. Kesalahan keterampilan proses yang dilakukan siswa seperti melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan atau komputasi dan tidak melanjutkan perhitungan. Kesalahan dalam menggunakan notasi yang dilakukan siswa seperti salah dalam menuliskan kesimpulan dan tidak menuliskan kesimpulan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64075 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SEKAR TYAS ASIH.pdf | 265.83 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.