Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64060
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRosa Rahmania Putri-
dc.contributor.authorSuhartiningsih-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2015-10-06T01:58:54Z-
dc.date.available2015-10-06T01:58:54Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64060-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Kartika IX-1 untuk meningkatkan minat baca siswa dengan menerapkan teknik mendongeng. Hal ini dikarenakan siswa masih memiliki minat baca yang rendah. Siswa kurang memiliki motivasi dalam hal membaca karena tidak adanya dorongan dari para warga sekolah untuk memelihara minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes reading record yang diadakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah penelitian. Penelitian dilakukan selama 3 siklus dengan hasil pengamatan yang berbeda-beda di tiap siklus. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 25%, siklus 1 menjadi 61%, siklus 2 menjadi 61%, dan siklus 3 menjadi 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada minat baca siswa kelas III di SD Kartika IX-1 Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmendongengen_US
dc.subjectminat bacaen_US
dc.subjectreading record.en_US
dc.titlePemanfaatan Teknik Mendongeng Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SD Kartika IX-1 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014-2015en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROSA RAHMANIA PUTRI.pdf260.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.