Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64059
Title: Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match(ICM) dengan
Authors: Rois Amrullah Akbar
Pujiastuti
Sulifah Aprilya H
Keywords: hasil belajar siswa
media gambar
motivasi
strategi pembelajaran
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Strategi pembelajaran Index Card Match(ICM) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat meninjau ulang materi pelajaran dan membuat siswa aktif serta melibatkan siswa secara berpasangan dengan cara mencari pasangan kartu index yang diterima masing-masing siswa. Kartu tersebut berisi jawaban dan sebagian lagi berisi soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap motivasi belajar siswa yaitu aspek Attention (p = 0,003), Relevance (p = 0,004), Confidence (p = 0,003) dan Satisfaction (p = 0,002) serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang ditunjukkan dari hasil uji ANAKOVA yaitu hasil belajar kognitif (p = 0,043) dan hasil belajar afektif (p = 0,003). Selain itu ada hubungan antara peningkatan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa (p = 0,019).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64059
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROIS AMRULLAH AKBAR.pdf323.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.