Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64052
Title: Hubungan Antara Peran Tutor Dengan Motivasi Ekstrinsik Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Sejahtera Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2014
Authors: Rizki Wicaksono Widodo
Marijono
Niswatul Imsiyah
Keywords: Peran Tutor
Motivasi Ekstrinsik
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini membahas tentang Hubungan Antara Peran Tutor Dengan Peningkatan Motivasi Ekstrinsik Di PKBM Bina sejahtera Lumajang Tahun 2014. Tutor sebagai penggerak motivasi belajar pada warga belajar kesetaraaan paket B atau setara SMP harus dapat memahami kondisi pada setiap warga belajar. Dalam hal ini seorang tutor harus mampu menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan guna lebih memotivasi warga belajar. Dalam kegiatan belajar perlu adanya rangsangan atau dorongan untuk belajar yang berasal dari dalam diri individu sendiri, selain itu juga perlu adanya motivasi dari luar individu Hal ini di sebut dengan motivasi ekstrinsik. Motivasi ini penting bagi warga belajar karena merupakan rangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga seseorang ingin melakukan sesuatu dan berusaha untuk mencapainya Adapun Permasalahannya yaitu adakah Hubungan Antara Role Tutor Dengan Motivasi Ekstrinsik Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Sejahtera Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2014 . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Antara Role Tutor Dengan Motivasi Ekstrinsik Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Sejahtera Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2014 . Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, kuantitatif dengan analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan Korelasi Peran Tutor Dengan Peningkatan Motivasi Ekstrinsik yang diperoleh menggunakan Rumus Korelasi Product Moment ,diperoleh hasil korelasi cukup kuat yaitu sebesar 0,424 > Rhotabelsebesar 0,361 maka terdapat hubungan yang signifikan  antara Role Tutor Dengan Motivasi Ekstrinsik Pada Warga Belajar Kesetaraan Paket B Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Sejahtera Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun 2014
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64052
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIZKI WICAKSONO WIDODO.pdf247.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.