Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64045
Title: PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM EXCEL
Authors: Rival Hanip
Umar HMS
Titin Kartini
Keywords: Aplikasi akuntansi
Motivasi Belajar
Hasil belajar
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Guru memiliki peran penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti. Tujuan penelitian yaitu meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu di SMA Muhammadiyah 3 Genteng. Objek pada penelitian ini adalah  siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Genteng semester genap tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang dipakai oleh penelitia antara lain obsevasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian siklus II menunjukkan tingkat motivasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I. Skor rata-rata motivasi yang dimiliki siswa kelas XI IPS dari sebesar 3,37 kategori sedang pada siklus I menjadi sebesar 4,34 kategori tinggi pada siklus II, dengan peningkatan 0,96. Nilai tugas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 70,63 kategori cukup, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 81,25 kategori baik, peningkatannya adalah 10,63. Hal ini dikarenakan siswa mulai dapat menganalisis dengan baik dan mulai terbiasa menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program excel, siswa sudah tidak merasa kesulitan dalam menggunakan media tersebut, mereka sudah hafal dan paham betul cara menggunakannya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64045
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIVAL HANIP.pdf277.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.