Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64044
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRistin Mivafarlian-
dc.contributor.authorTitik-
dc.contributor.authorAgustiningsih-
dc.date.accessioned2015-10-06T01:02:40Z-
dc.date.available2015-10-06T01:02:40Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64044-
dc.description.abstractHasil observasi yang dilakukan didapatkan data bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Mranggon Lawang 1 masih rendah. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat diatasi dengan penelitian tindakan kelas melalui penerapan metode diskusi. Metode diskusi bertujuan adanya interaksi antar dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi dan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan metode diskusi berbantuan garis bilangan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat SDN Mranggon Lawang 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas mengacu pada model Hopkins yang tediri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mranggon Lawang 1 sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode diskusi selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Mranggon Lawang I. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 67,35% dan siklus II sebesar 84,70%. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 17,35%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu mencapai 76, sedangkan hasil belajar siswa siklus II sebesar 85. Hasil belajar siswa selama penerapan metode diskusi mengalami peningkatan sebesar 9 dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode diskusi berbantuan garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN Mranggon Lawang 1.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPENELITIAN TINDAKAN KELASen_US
dc.subjectMETODE DISKUSIen_US
dc.subjectGARIS BILANGANen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Metode Diskusi Berbantuan Garis Bilangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di SDN Mranggon Lawang 1 Kabupaten Probolinggoen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RISTIN MIVAFARLIAN.pdf275.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.