Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64043
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFITRIYANI, Risqa Sauma
dc.contributor.authorNURIMAN
dc.contributor.authorAGUSTININGSIH
dc.date.accessioned2015-10-06T00:58:33Z
dc.date.available2015-10-06T00:58:33Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64043
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVA SDN Sumbersari 01 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan energi panas dan bunyi masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi panas dan bunyi yaitu dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah  bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keaktifan siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 57,17% dan pada siklus II sebesar 64,77%, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 68,21 dan meningkat menjadi 78,56 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENDEKATAN CTLen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teachingen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Risqa Sauma Fitriyani,.pdf273.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.