Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64040
Title: Profil Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas VII di SMPN 3 Jember
Authors: Riska Yuli Setiarini
Sunardi
Susi Setiawani
Keywords: Kurikulum 2013
Pendekatan Saintifik
Penilaian autentik
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yang berlangsung di SMPN 3 Jember kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Matematika kelas VII dan tiga peserta didik kelas VIIDalam pelaksanaan penelitian, analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan Data yang dianalisis antara lain lembar observasi kegiatan belajar mengajar, angket, hasil wawancara dan lembar observasi RPP. Pada hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika menunjukkan bahwa RPP yang telah disusun oleh guru matematika kelas VII SMPN 3 Jember belum sepenuhnya sesuai dengan indikator penyusunan RPP Kurikulum 2013, masih ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki. Guru matematika juga telah melakukan langkah-langkah pendekatan saintifik yang sesuai dengan indikator pendekatan saintifik, serta guru juga telah melakukan penilaian autentik. Kendala yang dialami dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika yaitu persiapan pelaksanaan Kurikulum 2013, sumber belajar, kesiapan peserta didik, dan penilaian. Namun kendala yang dialami dapat diselesaikan dengan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru, peserta didik dan sekolah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64040
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RISKA YULI SETIARINI.pdf259.87 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.