Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64036
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRini Nur Arifin-
dc.contributor.authorNuriman-
dc.contributor.authorAgustiningsih S-
dc.date.accessioned2015-10-06T00:29:13Z-
dc.date.available2015-10-06T00:29:13Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64036-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Kokap 02 Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, dan hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 18 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode penemuan terbimbing selama dua siklus. Pada pra siklus, skor aktivitas belajar siswa sebesar 40,12, siklus 1 sebesar 50,74 dan siklus 2 sebesar 71,11. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 45,56, siklus 1 sebesar 52,78, dan pada siklus 2 sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sumber Kokap 02 Bodowosoen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMETODE PENEMUAN TERBIMBINGen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas Melalui Metode Penemuan Terbimbingen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RINI NUR ARIFIN.pdf275.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.