Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64030
Title: Analisis Pengaruh Komponen Pembentuk Intellectual Capital terhadap Nilai Pasar pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI
Authors: Shinta Yossi Ananda, Clara
Maharani, Bunga
Hisamuddin, Nur
Keywords: intellectual capital
customer capital
human capital
structural capital
nilai pasar
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Komponen Pembentuk Intellectual Capital terhadap Nilai Pasar pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan kerangka Pulic dan data sekunder berupa data dari laporan keuangan yang telah diaudit dan harga saham dari delapan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI tahun 2009 hingga 2012. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh komponen intellectual capital yaitu customer capital, human capital, dan structural capital terhadap nilai pasar dimana untuk mengukur komponen intellectual capital digunakan model Pulic yaitu VACA, VAHU, STVA dan untuk mengukur nilai pasar digunakan market to book ratio (MBR). Hasil dari penelitian ini yaitu customer capital (VACA) dan structural capital (STVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar perusahaan telekomunikasi sedangkan human capital (VAHU) berpengaruh signifikan terhadap nilai pasar perusahaan telekomunikasi.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64030
Appears in Collections:SRA-Economic and Business Article

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Clara Shinta Yossi Ananda.pdf300.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.