Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64013
Title: Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kotaanyar III Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: PRASTIKA, Ika Januarta Yuli
NURIMAN
AGUSTININGSIH
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ARIAS
METODE EKSPERIMEN
MOTIVASI SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA
Abstract: Latar belakang masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo adalah guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Kotaanyar III Probolinggo pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo yang terdiri atas 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa dari Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,86%, sedangkan hasil belajar siswa dari hasil observasi ke siklus I meningkat sebesar 10%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,5%. Melalui pembelajaran ini siswa dapat mengalami dan menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang dihadapi dalam belajar dengan melakukan percobaan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64013
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ika Januarta.pdf257.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.