Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64012
Title: Penerapan Model PAIKEM Menggunakan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi di SDN Mojosari 04 Jember
Authors: RIZQI, Abdillah Ahmad
MASYUD, Muhammad Sulthon
H. M. Saleh, Umar
Keywords: MODEL PAIKEM
MEDIA PUZZLE
AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle. Secara umum kendala yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di kelas IV yakni cara mengajar guru yang berpusat pada guru dan jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember yang terdiri atas 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle, siswa terlibat aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam kegiatan belajar. Aktivitas belajar siswa dari Prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar 39%, sedangkan hasil belajar siswa dari prasiklus sampai siklus II meningkat sebesar 54%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di SDN Mojosari 04 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64012
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ahmad Rizqi.pdf268.1 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.