Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/64009
Title: Penerapan Model KWL (Know, Want, Learn) dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Terbimbing Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember
Authors: WULANDARI, Riyanti Desi
SATRIJONO, Hari
SUHARTININGSIH
Keywords: MODEL KWL (KKnow, Want, Learn)
MEDIA GAMBAR SERI
AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2012
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA
Abstract: Pembelajaran melalui Model KWL (Know, Want, Learn) dengan menggunakan Media gambar seri Pada Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penelitian ini digunakan dalam aspek menulis karangan narasi. Pembelajaran melalui model KWL (Know, Want, Learn) dengan menggunakan Media Gambar Seri digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia aspek menulis pada siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penerapan model pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) dengan menggunakan media Gambar Seri yaitu dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian setiap kelompok mendapatkan gambar seri yang terdiri dari empat buah gambar yang membentuk suatu cerita. Guru membimbing siswa menentukan ide pokok, ide penjelas, serta kesimpulan dari karangan, kemudian menuliskannya pada tabel KWL (Know, Want, Learn). Pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menulis karangan narasi terbimbing pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Badean 01 Jember. Dari hasil observasi yang diperoleh dari test akhir berupa evaluasi diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari hasil analisa diperoleh data sebagai berikut. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 3 siswa dengan persentase 7,32%, siswa aktif sebanyak 8 siswa dengan persentase 19,51%, siswa cukup aktif sebanyak 24 siswa dengan persentase 58,54%, siswa kurang aktif sebanyak 5 siswa dengan persentase 12,195, dan siswa tidak aktif sebanyak 1 siswa dengan persentase 2,44 persen. Pada tahap siklus II, siswa yang sangat aktif mengalami peningkatan yaitu sebanyak 15 siswa dengan persentase 36,59%, siswa aktif sebanyak 8 siswa dengan persentase 19,51%, siswa cukup aktif sebanyak 18 siswa dengan persentase 43,90% serta tidak ada siswa yang kurang maupun siswa yang tidak aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada prasiklus, mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 41%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 65,85%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 85,37%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64009
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riyanti Desi Wulandari.pdf283.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.